Sepekan Dibuka, Lelang Jabatan Sekda dan OPD di Siak Masih Sepi Peminat

Foto : Ilustrasi

Siak, Petah.id - Sudah sepekan dibuka, lelang jabatan di ruang lingkup Pemkab Siak masih sepi peminat.

Kepala BKPSDM Siak, Zulfikri tak menampik hal tersebut. Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada satupun pejabat yang mendaftarkan diri untuk menjadi Sekda Siak dan kepala OPD.

"Belum ada yang daftar," kata Kepala BKPSDM Siak, Zulfikri singkat, Senin (11/7/2025).

Hal senada dikatakan Kabid Rahmat, sudah sepekan dibuka belum ada satupun yang mendaftar ikut seleksi lelang jabatan.

"Belum ada satupun yang mendaftar," sebut Rahmat.

Ditambahkan Rahmat, kemungkinan para pendaftar sedang mempersiapkan diri untuk pilihannya menduduki jabatan yang akan didaftar.

"Mungkin sedang mempersiapkan berkas berkasnya. Karena terakhir tanggal 18 Agustus ini," tambah Rahmat.

Pejabat Eselon II Keluhkan Soal Kualifikasi Pendidikan

Penyebab sepinya minat pejabat untuk mendaftarkan diri menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) atau menduduki menjadi kepala OPD yang sedang  dilelang disinyalir persoalan kualifikasi pendidikan.

Dimana, lulusan gelar Sarjana Teknik tidak dapat mendaftarkan diri menjadi Sekda.

Salah satu eselon II Pemkab Siak yang enggan disebutkan namanya mengatakan ia dengan berat hati tidak ikut dalam lelang jabatan yang sedang berlangsung.

Hal itu dikemukakannya lantaran ia lulusan sarjana teknik. 

"Kami hanya jurusan teknik, dan dalam aturannya, sarjana teknik gak bisa jadi Sekda Siak," kata dia.

Ia menyayangkan, jika seleksi lelang jabatan tersebut dibatasi oleh kualifikasi pendidikan.

"Dulu Sekda Provinsi padahal anak teknik. Kalau kualifikasi pendidikan terkunci kunci gitu tentunya susah bagi anak anak daerah untik berkembang," sebutnya.

Sebelumnya, Pemkab Siak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) melelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Lima Kepala Dinas, satu Asisten dan satu Staf Ahli.

Dijelaskan Zulfikri, pengumuman lelang jabatan itu dimulai Senin (4/8/2025) pagi, sampai Senin (18/8/2025) malam.

“Kemungkinan para peserta sedang mempersiapkan berkas,” sebutnya, Selasa (5/8) siang.

Seleksi ini diberi nama seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2025, dengan Nomor: 01/pansel-JPT-Sekda/VIII/2025.

Adapun jabatan yang dilelang adalah, Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah, dan lima dinas, terdiri dari, Kepala Dinas PU Tarukim, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Pendaftaran kami buka 15 hari kalender, mulai 4 sampai 18 Agustus 2025, dilakukan secara online di asnkarier.bkn.go.id,” jelasnya.

Lelang dilaksanakan terbuka dan peserta berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota se-Provinsi Riau.
Untuk jabatan Sekda, saat pelantikan maksimal atau setinggi tingginya berusia 56 tahun.

“Seleksi administrasi kami jadwalkan pada Selasa (19/8),” jelasnya. 

Keesokan harinya atau pada Rabu (20/8) pengumuman hasil seleksi administrasi. Dilanjutkan dengan assessment pada Kamis sampai Jumat (21-22/8) petang. Pengumuman hasil assessment pada Senin (1/9) diupayakan pagi.

Dilanjutkan dengan penulisan makalah, pada Selasa (2/9), dilakukan secara tulis tangan.  Presentasi makalah pada Rabu dan Kamis (3-4/9) dari pagi sampai petang.

Keesokan harinya, atau Jumat (5/9) pengumuman hasil penulisan dan presentasi makalah.

Dilanjutkan dengan wawancara Sabtu dan Ahad (6-7/9 petang. Pengumuman wawancara pada Senin (8/9) diupayakan siang. Pada Selasa (9/9) dilakukan penelusuran rekam jejak. Pada Rabu (10/9), dilakukan rapat akhir panitia seleksi. Pada Kamis (11/9), pengumuman kelulusan hasil seleksi  calon pejabat pimpinan tinggi pratama, Dan Jumat (12/9), pengajuan hasil seleksi kepada pejabat pembina kepegawaian.

Laporan : Ph1
Editor : Redaksi
Bagikan berita ini melalui :